Rabu, 04 Desember 2013

TULISAN 5



HUBUNGAN ANTARA KESEHATAN PRIBADI DAN
KESEHATAN LINGKUNGAN



A.   Pengertian
Hubungan antara kesehatan pribadi dan kesehatan lingkungan adalah hubungan yang sangat saling menguntungkan, karena sama-sama saling membutuhkan.

B.    Manfaat bagi Kesehatan Pribadi
Dengan diberikan pengetahuan mengenai kesehatan di kalangan masyarakat, maka masyarakat dapat mengetahui kondisi  kesehatan mereka masing-masing dan dapat menerapkan hidup sehat. Sehingga, kecil kemungkinannya mereka terserang suatu penyakit berbahaya jika diseimbangkan dengan gaya hidup sehat seperti itu. Di samping itu juga dapat menjadikan lingkungan yang sehat, bersih dan terhindar dari virus-virus dan penyakit-penyakit berbahaya.
Berikut ini diuraikan manfaat pribadi yang sehat bagi kesehatan lingkungan dan manfaat lingkungan yang sehat bagi kesehatan pribadi. 
Manfaat pribadi yang sehat bagi kesehatan lingkungan adalah :
1.     Pribadi yang sehat akan berfikir positif untuk memperbaiki lingkungan, pribadi yang sehat mampu untuk bisa mencipatakan suatu perubahan yang baik terhadap lingkungannya ,sehingga suatu lingkungan dapat terjaga kelestariannya dan dapat terawat dengan baik .
2.     Pribadi yang sehat akan berfikir kreatif agar lingkungan bersih dan sehat , pribadi yang sehat mampu menuangkan ide kreatifnya untul lingkungan yang bersih dan sehat sehingga lingkungan yang seperti itu akan membuat kenyamanan didalam lingkungan pribadi tersebut .

Manfaat lingkungan yang sehat bagi kesehatan pribadi adalah :
1.     Pemberian tempat yang bersih dan sehat ,contohnya adalah tempat tinggal ,tempat tinggal merupakan pengaruh  yang sangat penting dalam membangun pribadi seseorang . Kepribadian seseorang yang baik dapat terbentuk dengan didukung oleh lingkungan yang sehat .Sehingga terdapat suatu hubungan antara tempat yang bersih dan sehat dengan kesehatan jasmani .
2.     Pemberian zat-zat yang diperlukan tubuh , zat –zat yang diperlukan oleh tubuh itu ada 5 macam yaitu karbohidrat , protein , mineral , vitamin dan lemak . Dan kelimanya itu harus seimbang dalam pemenuhan gizi yang dibutuhkan oleh tubuh . Contohnya yaitu makan makanan 4 sehat 5 sempurna .
Penyediaan bahan-bahan yang diperlukan manusia , maksud dari penyediaan bahan – bahan tersebut yaitu seperti sandang dan papan . Sandang maksudnya dalam bentuk kain /pakaian yang layak .Pakaian juga mempengaruhi kesehatan seseorang , karena dengan pakaian yang bersih dan rapi ,seseorang tersebut mampu untuk menjaga kesehatan jasmaninya . Lalu untuk papan , maksudnya yaitu tempat tinggal yang bisa ditempati oleh manusia dengan layak seperti rumah .
Manfaat lingkungan yang sehat bagi kesehatan pribadi adalah :
1.     Pemberian tempat yang bersih dan sehat
2.     Pemberian zat-zat yang diperlukan tubuh
3.     Penyediaan bahan-bahan yang diperlukan manusia

C.   Manfaat bagi Kesehatan Lingkungan
Manfaat bagi kesehatan lingkungan karena pribadi yang sehat adalah :
1.     Pribadi yang sehat akan berfikir positif untuk memperbaiki lingkungan
2.     Pribadi yang sehat akan berfikir kreatif agar lingkungan bersih dan sehat















Tidak ada komentar:

Posting Komentar