Jumat, 12 Oktober 2012

Pengaruh Bisnis dalam Kehidupan Saya

Menurut Wikipedia dalam ilmu ekonomi, bisnis adalah suatu organisasi yang menjual barang atau jasa kepada konsumen atau bisnis lainnya, untuk mendapatkan laba atau keuntungan. Secara historis kata bisnis dari bahasa Inggris business, dari kata dasar busy yang berarti “sibuk” dalam konteks individu, komunitas ataupun masyarakat. Dalam artian, sibuk mengerjakan aktifitas dan pekerjaan yang mendatangkan keuntungan. Jadi menurut saya, bisnis adalah suatu kegiatan, aktifitas atau pekerjaan baik dalam bidang ekonomi, sosial, budaya maupun politik untuk mendatangkan keuntungan atau laba. Mayoritas masyarakat memang melakukan kegiatan atau aktifitas bisnis untuk mendatangkan laba atau keuntungan dalam bidang ekonomi. Namun, sebenarnya kegiatan bisnis tidak hanya untuk mendatangkan keuntungan dalam bidang ekonomi saja. Bisnis juga dapat dilakukan untuk kepentingan bidang-bidang yang lainnya seperti bidang sosial, budaya dan juga politik.
                Dalam bidang ekonomi, bisnis tentu saja dilakukan untuk mendapatkan laba atau keuntungan, lebih jelasnya adalah uang. Contohnya saja banyak perusahaan-perusahaan yang menjalankan bisnis, dan perusahaan-perusahaan itu ada yang dimiliki oleh satu orang dan ada juga yang dimiliki oleh kelompok. Orang-orang yang memiliki perusahaan tersebut menanamkan modal mereka untuk membangun dan mendirikan perusahaan itu. Setelah perusahaan itu berdiri dan siap untuk dipakai, mereka memulai untuk menjalankan bisnis mereka. Kegiatan-kegiatan dalam perusahaan antara lain adalah kegiatan produksi, kemudian distribusi, lalu kegiatan pemasaran. Kegiatan produksi adalah kegiatan perusahaan dalam membuat dan mengolah produk mereka. Dalam kegiatan produksi, perusahaan bisa membuat dan mengolah produk mereka sendiri dan juga bisa dari kerja sama dengan perusahaan-perusahaan lain. Setelah kegiatan produksi, kegiatan selanjutnya adalah distribusi. Kegiatan distribusi adalah kegiatan perusahaan dalam menyalurkan produk mereka ke tempat-tempat pemasaran. Setelah itu, mereka melakukan kegiatan pemasaran atau menjual produk mereka kepada masyarakat atau konsumen. Dalam kegiatan pemasaran, tentu saja perusahaan mendapatkan pendapatan setelah menjual produk mereka. Dan tentu saja mendapatkan laba atau keuntungan dari penjualan tersebut, nah itulah yang dinamakan bisnis perusahaan dalam bidang ekonomi.
                Selain bidang ekonomi, bisnis juga dapat dilakukan dalam bidang sosial. Contohnya saja melakukan kerja sama antar perusahaan. Dalam melakukan kerja sama tentu saja orang-orang dalam perusahaan berinteraksi satu sama lain. Hal itu tentu saja membuat orang-orang yang menjalankan perusahaan menjadi akrab dan saling terhubung. Dan itulah salah satu fungsi bisnis dalam bidang sosial yaitu membuat orang atau masyarakat menjadi saling berinteraksi dan terhubung satu sama lain.
                Dalam bidang budaya, bisnis bisa dilakukan. Selain untuk mendapatkan keuntungan ekonomi atau finansial, bisnis juga dapat untuk melestarikan budaya. Contohnya saja bisnis perusahaan membuat pakaian batik. Batik adalah salah satu contoh kebudayaan nasional Indonesia, jadi harus dilestarikan. Salah satu cara untuk melestarikannya adalah melakukan kegiatan bisnis membuat pakaian batik. Nah, itulah salah satu fungsi atau keuntungan berbisnis dalam bidang budaya. Keuntungan berbisnis lainnya adalah dalam bidang politik. Contohnya saja adalah berbisnis membuat pakaian dan atribut untuk berkampanye calon walikota. Bisnis tersebut bisa juga untuk mempromosikan dan mengkampanyekan calon walikota yang ingin dipilih. Hal tersebut dilakukan agar banyak orang atau masyarakat yang memilih calon walikota itu. Jadi, dapat kita katakan bahwa bisnis itu dilakukan untuk mendapatkan keuntungan dalam berbagai bidang kehidupan di dunia ini.
                Tentu saja bisnis sangat berpengaruh dalam kehidupan setiap orang, misalnya pengaruh bisnis untuk diri saya sendiri. Pengaruh bisnis dalam kehidupan saya itu sangat besar. Misalnya dalam bidang ekonomi ada perusahaan yang berbisnis tas, saya ingin membeli tas tersebut tetapi uang saya belum cukup untuk membelinya, maka saya harus menabung dulu untuk bisa membeli tas tersebut. Jadi perusahaan yang berbisnis tas itu bisa membuat saya untuk lebih rajin menabung agar bisa membeli tas produksi mereka. Pengaruh yang lainnya adalah bidang sosial. Misalnya tante saya ingin menjual kue kepada orang lain melalui saya. Otomatis saya harus berinteraksi sosial dengan orang lain yang ingin membeli kue tante saya itu. Dan hal itu bisa membuat saya dan orang lain menjadi akrab. Jadi pengaruh bisnis yang lainnya terhadap saya adalah membuat saya bisa berinteraksi sosial dan terhubung dengan orang lain. Dan masih banyak lagi pengaruh bisnis terhadap kehidupan saya. Jadi dapat saya katakan bahwa bisnis sangat berpengaruh besar dalam kehidupan saya. Dan menurut saya kehidupan di dunia ini tidak akan berjalan tanpa bisnis.        

Tidak ada komentar:

Posting Komentar